Analisis Faktor-faktor yang Memengaruhi Minat Beli Konsumen Melalui Media Online Shopee (Studi Kasus pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Mataram)

Authors

  • Mariana Santi Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Sulhan Hadi Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Mala Vinuzia Universitas Muhammadiyah Mataram

DOI:

https://doi.org/10.57141/kompeten.v3i1.132

Keywords:

Harga, Kemudahan Penggunaan, Metode Pembayaran, Rating, Minat Beli

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis faktor-faktor apa saja yang memengaruhi minat beli konsumen melalui media online shopee pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Mataram. Faktor-faktor tersebut adalah harga, kemudahan penggunaan aplikasi, metode pembayaran, dan rating/ ulasan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini yaitu purposive sampling dengan metode penggumpulan data menggunakan kuesioner sebanyak 105 responden. Hasil penelitian uji parsial (t) menunjukkan bahwa harga (X1), kemudahan penggunaan aplikasi (X2), metode pembayaran (X3) dan rating/ ulasan (X4) berpengaruh positif atau signifikan terhadap minat beli (Y). Sedangkan uji secara simultan harga (X1), kemudahan penggunaan aplikasi (X2), metode pembayaran (X3) dan rating/ ulasan (X4) berpengaruh secara bersama-sama terhadap minat beli (Y) pada media online shopee (studi kasus pada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Mataram). E-commerce shopee, sebaiknya selalu mempertahankan harga produk, kemudahan penggunaan aplikasi, selalu menginovasi metode pembayaran dan rating/ ulasan pada platformnya agar dapat meningkatkan minat beli konsumen.

Downloads

Published

2024-07-15

How to Cite

Santi, M., Hadi, S., & Vinuzia, M. (2024). Analisis Faktor-faktor yang Memengaruhi Minat Beli Konsumen Melalui Media Online Shopee (Studi Kasus pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Mataram). Kompeten: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 3(1), 881–892. https://doi.org/10.57141/kompeten.v3i1.132

Issue

Section

Articles