Strategi Pemasaran Produk Gula Semut (Studi Kasus di Kelompok Tani Huyula Desa Dulamayo Selatan, Kecamatan Telaga, Kabupaten Gorontalo)

Authors

  • Tiyansi M Makale Universitas Negeri Gorontalo
  • Ria Indriani Universitas Negeri Gorontalo
  • Agustinus Moonti Universitas Negeri Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.57141/kompeten.v1i5.29

Keywords:

Strategi pemasaran, Gula Semut, Analisis SWOT

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor internal dan faktor eksternal pada pemasaran produk gula semut di Kelompok Tani Huyula serta merumuskan formulasi alternatif strategi pada pemasaran produk gula semut di Kelompok Tani Huyula. Penelitian ini dilakukan di Desa Dulamayo Selatan Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo sejak bulan Oktober hingga Desember Tahun 2022. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif berupa penelitian dengan metode studi kasus. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif dan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor internal dan faktor eksternal yang mempengaruhi pemasaran produk gula semut di Kelompok Tani Huyula terdiri atas: faktor internal yaitu Product, Price, Place dan Promotion. Faktor eksternal yaitu pemerintah, lembaga pemasaran, pesaing, produk subtitusi, teknologi dan cuaca. Adapun alternatif strategi pada pemasaran produk gula semut di Kelompok Tani Huyula yaitu mempertahankan kualitas bahan baku untuk distribusi produk keluar daerah, memperbaiki tampilan kemasan dan label produk dengan memanfaatkan bantuan modal dari pemerintah, memperluas jaringan konsumen dengan memanfaatkan media digital untuk pemasaran, serta menjaga kestabilan harga terhadap pengaruh cuaca.

Kata kunci: Gula Semut, Strategi pemasaran, Matriks Analisis SWOT.

Downloads

Published

2023-03-15

How to Cite

Makale, T. M., Indriani, R., & Moonti, A. (2023). Strategi Pemasaran Produk Gula Semut (Studi Kasus di Kelompok Tani Huyula Desa Dulamayo Selatan, Kecamatan Telaga, Kabupaten Gorontalo). Kompeten: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 1(5), 238–247. https://doi.org/10.57141/kompeten.v1i5.29

Issue

Section

Articles